fallback-image

Tips Merawat Bunga Anggrek Agar dapat Bertahan Lama

Saat bunga anggrek di toko bunga tangerang online sudah mulai mekar, tentunya perawatan perlu ditingkatkan, mengingat bunga bisa gugur dan cepat layu karena berbagai faktor, mulai dari genetik, iklim cuaca, penyakit, hama, dan pemupukan yang salah. Berikut 4 Tips merawat bunga anggrek dapat hidup dan bertahan lama.

1. Jaga Kadar Air Tetap Mencukupi

Jika Anda menanam anggrek di dataran rendah yang relatif panas, perhatikan agar jangan sampai media tempat anggrek tumbuh kering karena terjadinya penguapan air dengan sangat cepat. Hal ini dapat memengaruhi kesegaran bunga menjadi menurun, layu, bunga mengerut, hingga akhirnya rontok. Semprotkan air ke media tanam jika dirasa sudah mulai mengering sehingga anggrek tidak kekurangan cairan.

2. Memotong Bunga yang Layu

Dengan memotong bunga anggrek yang sudah layu, Anda tidak hanya memperbaiki penampilan anggrek, namun juga mencegah nutrisi yang diberikan terbuang karena tetap didistribusikan ke bunga yang layu tersebut. Oleh karenanya, segera potong jika ada bunga yang mulai layu dan kurang elok dilihat.

3. Beri Pupuk NPK dengan Kadar Fosfor (P) Tinggi

Pupuk NPK merupakan campuran antara 3 unsur hara, yaitu nitrogen (N) fosfor (P) dan kalium (K) Ketiga unsur hara ini memiliki manfaat berbeda-beda untuk tanaman. Fosfor bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan bunga, oleh karena itu, jika Anda ingin anggrek rajin berbunga, pilihlah pupuk NPK yang kadar P nya tinggi.

Sementara itu, kalium berfungsi untuk membantu pembentukan tunas dan membuat warna bunga lebih cantik, sementara nitrogen diperlukan setelah tanaman selesai berbunga untuk merangsang pertumbuhan vegetatif anggrek.

4. Cegah Hama dan Penyakit Menyerang Anggrek

Tips merawat bunga anggrek yang terakhir yaitu saat anggrek sudah berbunga, hindari berbagai hama seperti kumbang, semut, kutu, siput, dan ulat mendekati bunga anggrek, karena berbagai hama tersebut bisa menghisap nutrisi di dalam bunga yang akhirnya membuat bunga cepat layu atau rontok dan robek mahkotanya.

Bunga anggrek juga bisa terkena penyakit bercak bunga (Botrytis cinera), yang menyebabkan bunga memiliki bercak cokelat sehingga cepat membusuk.

Itulah tadi 4 tips mudah dari toko bunga tangerang murah yang dapat anda lakukan untuk merawat bunga anggrek agar cepat tumbuh, tidak mudah layu dan dapat bertahan lama. Jika informasi ini bermanfaat jangan lupa share ke teman anda atau pecinta tanaman anggrek lainnya.

John Ananto

Related Posts

fallback-image

kompor terbaik

fallback-image

Ketahui 7 Masjid Terindah Di Indonesia

Merawat Behel Gigi Agar Tidak Kuning dan Sehat

Merawat Behel Gigi Agar Tidak Kuning dan Sehat

fallback-image

13 Ide Bisnis Rumahan yang Memungkinkan Anda Bekerja Dari Rumah