Mobil Bekas Toyota Calya Laris Menjelang Mudik 2019

Mobil Bekas Toyota Calya Laris Menjelang Mudik 2019

Mobil bekas dari segmen low cost green car (LCGC) antara beda Toyota Calya dan Daihatsu Sigra menjadi incaran calon konsumen sebagai kendaraan pulang dusun mudik 2019, sebab mobil jenis tersebut mampu memuat tujuh penumpang.

“Dulu tidak sedikit yang menggali mobil Avanza dan Xenia, tapi kini tren bergeser digantikan Calya dan Sigra,” kata Senior Manajer Marketing WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih di Jakarta, Selasa, 14 Mei 2019.

Di samping harga yang lebih tercapai ketimbang Avanza dan Xenia, Herjanto menilai konsumen tertarik memilih mobil bekas Calya dan Sigra sebab modelnya lebih praktis.

Harga Calya bekas tahun 2016 antara Rp100 juta-120 juta sementara Avanza bekas keluaran tahun yang sama Rp150 juta hingga Rp170 juta.

Lebih lanjut dia melafalkan tren pembelian mobil bekas ketika ini ditebak meningkat sebesar 15 persen dibanding tahun lalu. Pada musim Ramadhan 2018, WTC Mangga Dua sukses menjual 2.400 unit mobil bekas.

“Hingga pekan kesatu bulan puasa, angka penjualan menjangkau lebih dari 1.000 unit. Mayoritas mobil yang terjual jenis mobil family dengan harga di bawah Rp150 juta,” paparnya.

Tingginya harga tiket pesawat dominan atas menambah permintaan mobil bekas. Berdasarkan keterangan dari dia, pemudik ingin memilih jalur darat dengan mengemudikan mobil individu untuk menghemat biaya transportasi.

“Orang berbondong beli mobil bekas yang awalnya city car, kemudian diganti mobil family karena dapat memuat tujuh sampai delapan penumpang,” ujarnya.

Beberapa tipe mobil MPV bekas yang ketika ini menjadi incaran pemudik antara beda Suzuki Ertiga, Nissan Grand Livina, Toyota Innova, Honda Mobilio dan Mitsubishi Xpander.

Kemudahan dalam menggali suku cadang dan harga yang relatif stabil, lanjut Herjanto, menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih mobil MPV asal Jepang guna dikendarai ketika mudik Lebaran.

Adapun guna mobil asal Cina, laksana Wuling dan DFSK masih terbilang langka di pasar mobil bekas.

“Mobil Cina jarang terdapat yang bekas sebab mereka buyback (membeli kembali), lantas disewakan guna rental mobil,” ungkapnya. Sumber : https://www.decisionsonevidence.com/seva-mobil-bekas/

John Ananto