Mengenal Si Burung Beo Nias

Mengenal Si Burung Beo Nias

Mengenal Si Burung Beo Nias

Di Indonesia saja, salah satu provinsi yang diberikan kekayaan burung beo Endemik adalah Pulau Nias, Provinsi Sumatra Utara. Pulau Nias sangat beruntung memiliki salah satu jenis burung pintar ini.

senapananginpedia.com

Burung ini tidak hanya bisa meniru gaya bicaramu, tapi juga suara lain yang dia dengar. Karena kecerdasan burung menjadi identitas Sumatra Utara. Oleh karena itu, tidak heran jika Burung Beo Nias adalah jenis burung beo yang paling dicari di Indonesia.

Sepeeri di ulas senapananginpedia.com burung ini juga dilindungi oleh negara. Dia memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari dengan jenis burung beo lainnya.

Untuk orang asing atau tidak mengerti tentang burung beo, mungkin mengamati Nias beo ini terlihat tidak ada bedanya dengan burung beo yang lain.

Tapi, bagi anda penggemar dari mereka pasti akan mudah membedakan itu karena tubuh burung Beo Nias tampak lebih besar serta lebih gagah.

Beberapa ciri-ciri dari Nias Burung Beo, yaitu ke bagian kepala memiliki bulu yang pendek. Di sepanjang lobus telinga melebur ke belakang kepala yang mirip dengan sisir ayam yang terdapat di telinga serta berwarna kuning mencolok.

Di sisi kepala Burung Beo ini ada juga sepasang wattles berwarna kuning. Iris matanya memiliki warna coklat gelap. Paruhnya besar dan menunjuk dan memiliki warna orange kuning.

Di bagian tubuhnya, ditutupi dengan bulu berwarna hitam. Tapi pada ujung sayap bulu putih.

Pada bagian kedua kakinya memiliki warna kuning dan memiliki jari kaki bahwa jumlah empat. Jari nomor 3 menghadap ke depan dan jari-jari lainnya menghadap ke belakang.

Burung ini hidup dengan cara dalam kelompok-kelompok atau berpasangan hanya bisa di Pulau Nias dan daerah sekitarnya.

Misalnya, seperti Pulau Babi, Simo, Tuangku dan Bangkaru. Pada umumnya, beo ini membuat sarang mereka dalam batang pohon tinggi yang berdiri tegak dengan itu. Bersama dengan kelompoknya, Nias Burung Beo juga sangat suka hidup di alam yang terbuka.

Pada saat berkembang biak dan telah memasuki musim bertelur, antara bulan-bulan Desember sampai bulan Mei. Di batang pohon tinggi yang masih berdiri tegak, dipilih oleh betina untuk bertelur. Biasanya burung beo betina akan bertelur 2 sampai 3 telur.

John Ananto